Peranan teknologi informatika dan telekomukasi belakang ini menjadi konsen pemerintah dalam mendukung kegiatan para pelaku usaha. Saya mencoba mengulas sedikit bagaimana peranan IPTEK bagi para pelaku usaha termasuk bagi usaha baru Mainan Super Keren Paling Laris 2016 yang sedang saya jalankan saat ini, semua tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi.

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang luar biasa hebatnya baik dari sisi hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan juga sumber daya manusia yang mendayagunakannya. Di era sekarang ini kehidupan manusia perlahan mulai bergeser ke arah kehidupan komputasi persasif, dimana suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat di lihat dari perilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi, terutama para pelaku usaha online atau yang sering disebut bisnis OLSHOP (Online Shop).

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT ).

Bagi kita (pelaku usaha online) dengan pemanfaatan teknologi yang tepat menjadi jurus jitu mengembangkan bisnis skala nasional atau bahkan menembus pasar internasional, kenapa tidak?? karena begitu mudahnya para calon konsumen mendapatkan informasi product apa yang kita “jajakan” secara online. Kehadiran beberapa perusahaan E-Commerce di Indonesia seperti Bukalapak, Elevenia, Tokopedia, Shopee, Olx, Mataharimall, Blibli dan masih banyak sekali startup baru yang terus tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Saya mulai menjajakan ( jualan online saya ) beberapa barang yang memang memiliki nilai jual dan minat pembeli yang cukup besar. Saya mencoba peruntungan dan ambil bagian di tengah maraknya bisnis online. Alhamdulillah, sejauh ini berjalan baik dan banyak pesanan dari pelosok nusantara mulai dari Nias, Sulawesi Selatan, Palembang, Jakarta, Depok, Medan, Pematang Siantar, Aceh, Deli Serdang, Binjai, Padang dan beberapa kota lainnya. Sungguh mudah untuk menjangkau para konsumen ke seluruh pelosok nusantara dengan cukup terkoneksi internet. Bermodal smartphone dan koneksi internet, insyaAllah anda juga pasti bisa mulai membuka usaha secara online. do it… talk less do more.. jangan tunda lagi untuk ikut ambil bagian dari triliunan omset yang seliweran di dinding facebook, twitter, instagram, path dan sosmed lainnya.
Mulai dari pemesanan barang, pembelian, dan pengiriman barang sampai ke konsumen semua memanfaatkan teknologi informasi. Sungguh mudah bukan?? iya, sangat mudah bagi siapa saja yang punya keinginan dan berani berubah (Lets Change – baca bukunya prof. Renald Kasali ).
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT). walaupun praktek komunikasi bisnis menggunakan peran teknologi informasi dan komunikasi akan tetapi keberhasilan komunikasi itu disebabkan oleh kemampuan dari individu itu sendiri.
Semoga bermanfaat….. lets share….. 🙂
Advertisements