178Menebar manfaat makin indah dengan dua tangan. Terbuka peluang jadi relawan kebaikan dengan 2 tangan di seluruh pelosok negeri. Memulai dengan hal kecil yang bisa dilakukan bersama, memberikan manfaat untuk orang lain yang membutuhkan, menumbuhkan rasa kepedulian sejak dini kepada siapa saja dan dimana pun.

Hidup ini makin berarti jika mampu memberikan manfaat kepada orangtua, keluarga, tetangga, sahabat dan orang lain.

#GerakanBerbagiSejakDini

Berdakwah adalah kewajiban bagi setiap manusia. Berdakwah tidak menuntut kita untuk ceramah di hadapan orang banyak. Dan berdakwah juga tidak hanya dilakukan oleh para ustad/ustadzah saja. Karena sejatinya berdakwah adalah melakukan amar ma’ruf nahi munkar, yaitu menyeru kepada kebajikan dan mencegah kepada kemunkaran. Semua orang bisa melakukannya, kapanpun dan di manapun.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang melihat kemunkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, apabila belum mampu, cegahlah dengan lisanmu, apabila belum mampu, cegahlah dengan hatimu, itulah selemah-lemahnya iman.”

Dari hadist tersebut, dapat kita lihat bahwa ada tiga cara yang dapat kita lakukan dalam berdakwah. Yaitu dengan perbuatan, perkataan, dan dengan hati (do’a). Dengan perbuatan yaitu kita melakukan hal-hal baik yang dapat dijadikan contoh untuk orang lain. Kemudian jika dengan perbuatan kita belum mampu melaksanakannya, maka lakukanlah dengan perkataan, yaitu dengan memberikan nasehat-nasehat yang baik. Jika dengan perkataan kita belum juga mampu untuk melaksanakannya, maka berdoalah kepada Allah Swt. Dan itulah tanda selemah-lemahnya iman kita.

Jadi berdakwah memang tak harus ceramah. Kita tidak perlu harus tampil berbiacara di depan orang banyak dan memegang microfon untuk berdakwah, kecuali jika kita memang bisa melakukan hal itu. Yang penting adalah setiap kali kita melihat kemunkaran, kita harus berani mencegahnya. Dan apabila kita diminta untuk memberikan nasehat, maka berikanlah nasehat-nasehat yang baik semampu kita.

“Demi masa (1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran (3).”(QS. Al-Asr 1-3)

Advertisements